Tekwan

Diposting oleh Admin



Bahan :
250 gr udang
2000 ml air, untuk merbus kulit udang
20 gr jamur kuping kering, siram air panas hingga lunak, tiriskan, iris-iris
150 gr bengkuas, kupas, iris sebesar korek api
2 sdm minyak goreng untuk menumis
5 siung bawang putih, haluskan
¼ sdt merica bubuk
2 sdt garam
2 sdt cuka

Adonan ikan:
250 gr fillet ikan tenggiri
1 putih telur, kocok
2 sdt garam
125 ml air
125 gr tepung kanji
air untuk merebus

Taburan :
1 sdm daun bawang
1 sdm seledri cincang

Cara membuat:
  1. Kupas udang, ambil kulitnya. Sangrai kulit udang hingga berubah warna. Tuangi air, masak diatas api kecil selama ± 10 menit, angkat. Saring, buang ampasnya dan ukur kaldu sebanyak 1500 ml, sisihkan. Cincang udang kasar-kasar, sisihkan.
  2. Adonan ikan : lumatkan ikan, aduk bersama putih telur dan garam sambil tuangi air, aduk. Taburi tepung, uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket ditangan.
  3. Didihkan air dalam panci. Cubit-cubit adonan ikan sebesar kelereng (sesuai selera), masukkan ke dalam air mendidih. Masak hingga terapung, angkat dan tiriskan. Masukkan ke dalam kaldu udang, jerang di atas api.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih hingga harus lalu masukkan udang cincang. Setelah udang berubah warna, masukkan jamur kuping, dan bengkuang, aduk hingga layu, angkat. Masukkan ke dalam panci kaldu. Bubuhkan merica, garam dan masukkan cuka, masak sebentar, angkat.
  5. Pindahkan telwan ke dalam mangkuk saji, taburi bawang goreng dan seledri cincang. Sajikan panas-panas dengan sambal cuko.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar