Resep Cara membuat Bakso Ikan Enak Banget

Diposting oleh Admin

Resep Cara membuat Bakso Ikan Enak Banget - Memakan bakso dari sapi pastinya adalah hal biasa, pada kali ini blogbintang ungkapkan bagaiaman cara membuat bakso dari ikan. Pastinya penasaran bukan? dan rasanya juga enak untuk menjadi santapan sekeluarga ataupun kalau ingin dijual juga pastinya laris manis dijual. dan berikut caranya termasuk apa bahan yang wajib digunakan dan bumbu untuk menambah rasa.



Bahan:
  • 200 gram daging ikan tenggiri
  • 1 butir putih telur
  • 50 gram tepung tapioka
  • 20 ml air es
  • 1 sdt minyak goreng
Tips : Gunakan ikan yang punya daging putih seperti tenggiri diatas ataupun seperti ikan kakap. Sebelum digunakan, pisahkan terlebih dulu daging ikan dari durinya. Dan jangan lupa untuk memilih ikan yang masih segar.

Bumbu:
  • Setengah sdt kecap ikan
  • Setengah sdt garam halus
  • Setengah sdt merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Seperempat sdt penyedap rasa (jika suka)
OK! Sekarang anda sudah tahu apa saja bahan yang diperlukan dalam proses pembuatannya beserta dengan bumbu yang nantinya menjadi bahan penyedap masakan. Sekarang mari kita langsung bagaimana cara mengolah dan membuat semua itu, mari kita simak dibawah ini:


Cara membuat:
  1. Masukkan ikan, putih telur, merica bubuk, air es, penyedap rasa, bawang putih, dan kecap ikan ke dalam food processor. Proses hingga halus.
  2. Tambahkan tepung tapioka, garam, dan minyak goreng. Proses kembali hingga rata.
  3. Letakkan adonan bakso di tangan kiri, kepalkan tangan hingga adonan bakso keluar di antara jari telunjuk dan jempol berbentuk bulatan kecil. Lepaskan bulatan bakso dengan bantuan sendok.
  4. Masukkan ke dalam air panas, lakukan hingga adonan habis.
  5. Rebus bakso ikan dengan api kecil hingga mengapung dan matang.
  6. Angkat dan tiriskan.
Sekarang anda sudah mengerti bukan? bagaimana mengolah ikan segar menjadi makanan populer masyarakat Indonesia yaitu bakso, dan  cara membuat nya juga tergolong tidaklah terlalu sulit, asalkan sesuai dengan step-step yang telah blogbintang jelaskan diatas. Dan rasanya juga tidak kalah dengan bakso yang berbahan daging sapi bahkan mungkin lebih enak asal anda mengolahnya dengan benar. Selamat memasak dan semoga keluarga anda menyukai resep diatas.

{ 3 komentar ... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

Daging ikannya bisa di proses pakai mesin pembuat bakso kan ya gan?

Bunda ella mengatakan...

Klo daging ikannya ga pake mesin bisa mmbuatnya, misal ikannya di blender gt?..atw digiling biasa..? Bisa ga, soalnya ga punya mesinnya..

Jual Tahu Bakso Jogja mengatakan...

Bermanfaat sekali artikel resepnya,terimakasih.Salam hangat dari Juragan tahu bakso

Posting Komentar